Senin, 02 November 2009

MOVIE INTERAKTIF MENGGUNAKAN BEHAVIORS DAN ACTIONSCRIPT

Pada animasi-animasi yang telah kita pelajari sebelumnya, animasi dijalankan secara berurutan dari frame ke frame berikutnya. Dengan adanya Behaviors dan Actionscript, animasi dapat dibuat menjadi movie yang interaktif sehingga pengguna dapat berperan lebih aktif menggunakan keyboard dan mouse untuk melompat ke movie lain yang diinginkannya, memindahkan objek, memasukkan informasi pada form, mengontrol objek, video, suara, dan lain-lain.
Menggunakan Behaviors
Behaviors juga termasuk salah satu fitur baru yang sangat menonjol di Flash MX 2004. Behaviors merupakan ActionScript siap pakai yang dapat diaplikasikan pada suatu objek, baik itu movie clip, video maupun suara (sound). Fungsi utamanya ialah untuk mengontrol objek-objek tersebut agar terlihat lebih fleksibel dan interaktif. Asyiknya lagi, semua itu dilakukan secara otomatis tanpa kita perlu menuliskan kode-kode ActionScript secara manual.
Behaviors lebih ditujukan untuk para developer Flash yang belum terbiasa/familiar dengan ActionScript karena Behaviors telah menyederhanakan fungsi-fungsi ActionScript yang kompleks sehingga dapat diaplikasikan dengan mudah pada objek, video, suara, dan frame.
Untuk menampilkan Behaviors Panel, klik menu Window > Development Panels > Behaviors.
Kalau kita perhatikan, Behaviors Panel terlihat sangat sederhana karena memang diperuntukkan bagi pengguna pemula. Apabila kita ingin memasukkan suatu Action, kita hanya perlu mengklik tombol, maka akan tampil menu pilihannya, lalu kita tinggal memilih kategori dan action yang diinginkan. Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita praktekkan ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar