Senin, 02 November 2009

Memanggil (Load) Suara dari Library Flash

Action untuk memanggil (load) suara dari library Flash adalah Load Sound from Library dari kategori Sound. Pada latihan ini, kita akan memanggil suara harimau dari library Flash.
1. Masukkan dua buah tombol dari library Flash. cara ini menggunakan tombol gel Right dan gel Stop dari kategori Playback.
2. Klik menu File > Import > Import to Stage, lalu carilah sebuah file suara, dalam latihan ini digunakan suara harimau (harimau.wav).
3. Klik menu Window > Library untuk menampilkan Library Panel, maka di dalamnya sudah terdapat file suara yang telah diimpor. Klik kanan pada suara harimau di library, lalu pilih Linkage.
4. Akan tampil kotak dialognya. Isikan aum pada Identifier dan berikan tanda centang, pada Export for ActionScript.
5. Di Library Panel, suara harimau mempunyai Linkage dengan
nama aum.
6. Sekarang klik/pilih tombol play (tombol di kiri), lalu klik pada Behaviors Panel sehingga akan tampil menu. Pilihlah Sound> Load Sound from Library dari menu tersebut.
7. Akan tampil kotak dialognya. Isikan
8. Klik/pilih tombol stop (tombol di kanan), lalu klik pada Behaviors Panel. Akan tampil menu, lalu pilihlah Sound > Stop Sound sehingga akan tampil kotak dialog. Isikan Untuk melihat hasilnya, klik menu Control > Test Movie. Coba klik pada tombol play, maka akan terdengar suara harimau. Untuk menghentikan suara tersebut, klik tombol stop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar