Senin, 02 November 2009

Action untuk Menghentikan Movie

Secara standar, movie/animasi yang dibuat dengan Flash akan menghasilkan animasi yang berulang-ulang sampai Anda menutup jendela tempat animasi dimainkan. Akan tetapi terkadang hal tersebut membuat kita bosan atau mengganggu tampilan animasi
yang lain.
Sekarang timbul pertanyaan, apakah bisa menghentikan animasi ketika animasinya sudah selesai? Tentu saja bisa, tambahkan saja action stop di frame terakhir. Pada latihan ini, kita akan menghentikan animasi kecelakaan pesawat yang telah kita buat
1. Klik menu File > Open, lalu cari dan buka file animasi kecelakaan pesawat.fla.
2. Klik pada frame terakhir dari animasi pesawat, yaitu frame 40.
3. Kemudian klik menu Window > Development Panels > Actions untuk menampilkan Actions Panel. Bagian Actions Category berlabel Actions-Frame yang menandakan bahwa kita akan memberikan action pada Frame.
4. Pada Actions toolbox, klik pada bagian Global Functions, lalu klik lagi bagian Timeline Control untuk menampilkan kumpulan Action di dalamnya, kemudian klik dua kali action stop sehingga secara otomatis di Script pane akan tertulis kode stop( ).
5. Sekarang dapat dilihat bahwa pada Timeline Panel di frame 40 terdapat huruf a yang menandakan terdapat action pada frame tersebut.Untuk melihat hasilnya, klik menu Control > Test Movie sehingga animasi kecelakaan pesawat akan berhenti saat animasinya sudah selesai, berbeda dengan sebelumnya di mana animasi akan berulangulang terus tanpa henti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar