Senin, 02 November 2009

Action untuk Navigasi antar Frame Number

Bagian ini hampir sama kegunaannya hanya saja kita tidak akan melakukan navigasi antar-frame label, tetapi dengan menyebutkan nomor frame yang dituju. Action yang
digunakan pun berbeda, yaitu action gotoAndPlay yang akan memperindah/memperhalus perpindahan antar-frame/halaman karena dapat disertakan animasi saat perpindahannya.
1. Klik Text Tool, lalu tulislah teks “Halaman Home” di sebelah kiri layar.
2. Pilih teks, lalu ubah menjadi simbol Graphic. Masukkan Keyframe pada frame 15. Pada frame 15, pindahkan teks ke tengah layar.
3. Klik frame 1, lalu berikan Tween Motion. Masih di frame 1, klik/pilih pada teks, kemudian pilih pada bagian Color: Alpha 0% pada Properties-nya.
4. Buat layer baru (Layer 2). Pada Layer 2, masukkan BlankKeyframe pada frame 16. Pada frame 16, tulislah teks ”Halaman produk” di sebelah kanan layar
5. Pilih teks, lalu ubah menjadi simbol Graphic. Masukkan Keyframe pada frame 30. Pada frame 30, pindahkan teks ke tengah layar.
6. Klik frame 16, lalu berikan Tween Motion. Masih di frame 16, klik/pilih pada teks, kemudian pilih bagian Color: Alpha 0% pada Properties-nya.
7. Pada Layer 1, klik frame 15, lalu berikan action stop pada frame tersebut. Lakukan hal yang sama pada Layer 2 di frame 30.
Sekarang frame yang terbentuk di Timeline Panel
8. Buat layer baru (Layer 3) dan masukkan dua buah tombol dari library Flash. Latihan ini menggunakan tombol playback – step forward dan playback - step back dari kategori Playback.
9. Klik/pilih tombol playback - step forward (tombol di kiri), lalu berikan action on dan gotoAndPlay. Isikan nilai frame yang akan dituju di dalam kurung action gotoAndPlay, yaitu 16 (frame 16).
10. Klik/pilih tombol playback – step back (tombol di kanan), lalu berikan action on dan gotoAndPlay. Isikan nilai frame yang akan dituju dalam kurung action gotoAndPlay, yaitu 1 (frame 1) sehingga terbentuklah kode di Script pane.
Untuk melihat hasilnya, klik menu Control > Test Movie. Coba klik tombol playback - step forward, Anda akan dibawa ke Halaman Produk. Coba klik lagi tombol playback - step back, Anda akan dibawa kembali ke halaman semula, yaitu Halaman Home. Sekarang coba Anda bandingkan hasilnya pasti beda kan? Lebih bagus mana? Pilihan ada di tangan Anda dan tentunya setiap orang biasanya punya pilihan dan selera yang berbeda.
Keterangan Action:1. gotoAndPlay berfungsi untuk melompat ke frame tertentu dan memainkan animasi dimulai dari frame tersebut sampai frame yang ditentukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar