Senin, 02 November 2009

Action untuk Navigasi antar Frame Label

Navigasi berfungsi untuk membawa pengunjung menjelajah dari satu halaman ke halaman lainnya melalui media link, tombol, atau menu. Navigasi dalam Flash dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti navigasi antar-frame, navigasi antar-scene, navigasi antar-movie, dan navigasi melalui URL. Akan tetapi, cara terbaik di antara
keempat cara tersebut adalah navigasi antar-frame karena ukuran file yang dihasilkan paling kecil sehingga akan mempengaruhi kecepatan loading yang diutamakan dalam sebuah situs web. Pada latihan ini, kita akan membuat navigasi antar-frame label (frame yang diberi label/nama) menggunakan action gotoAndStop.
1. Klik Text Tool lalu tulislah teks “Halaman Home” di layar.
2. Klik frame 15, lalu klik menu Insert > Timeline > Blank Keyframe. Pada frame 15, tulislah teks “Halaman Profil”.
3. Klik frame 1, lalu berilah nama/label “home” pada frame tersebut melalui Properties-nya.
4. Lakukan hal yang sama untuk frame 15 dengan memberinya label “profil” sehingga sekarang ada dua label di frame, yaitu “home” di frame 1 dan “profil” di frame 15.
5. Masukkan layer baru (Layer 2). Pada Layer 2, masukkan dua buah tombol dari library Flash. Latihan ini menggunakan tombol circle button - previous dan circle button - next dari kategori Circle Buttons.
6. Klik/pilih tombol circle button - next (tombol di sebelah kanan), lalu berikan Actions on, kemudian berikan action gotoAndStop di antara tanda kurung kurawal kode on (release)
7. Letakkan kursor di dalam kurung kode gotoAndStop, lalu tuliskan “profil”. Hal ini bertujuan agar apabila tombol diklik, movie akan menuju label profil yang sudah diberikan pada frame sehingga kode gotoAndStop akan terlihat
8. Klik/pilih tombol circle button - previous, lalu ulangi langkah (6) hingga (7) sampai terbentuk kode
9. Klik frame 1 di Layer 2, lalu berikan action stop sehingga movie akan langsung berhenti pada frame 1 saat pertama kali dijalankan. Timeline Panel yang terbentuk
Untuk melihat hasilnya, klik menu Control > Test Movie. Coba klik tombol circle button - next, Anda akan dibawa ke Halaman Profil. Coba klik lagi tombol circle button - previous, Anda akan dibawa kembali ke halaman semula, yaitu Halaman Home. Cara kerjanya mirip link di halaman web.
Keterangan Action:1. gotoAndStop berfungsi untuk melompat ke frame tertentu dan berhenti di frame tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar