Senin, 02 November 2009

Action untuk Mengontrol Animasi

Kita bisa mengontrol suatu animasi yang sedang dimainkan, misalnya menghentikan animasi tersebut saat gerakannya berada di tengah layar, kemudian memainkannya lagi. Action yang digunakan dalam kasus tersebut adalah action play dan stop. Pada latihan ini, kita akan mengontrol animasi bola memantul
1. Bukalah file animasi bola memantul.fla.
2. Klik menu Insert > Timeline > Layer untuk menambahkan layer baru (Layer 2). Pada Layer 2, masukkan dua buah tombol dari library Flash (Window > Other Panels > Common Libraries > Buttons). Latihan ini menggunakan tombol stop dan play dari kategori Circle Buttons.
3. Klik/pilih tombol stop, lalu buka Actions Panel. Bagian Actions Category berlabel Actions–Button yang menandakan bahwa kita akan memberikan action pada tombol/button.
4. Pada bagian Action toolbox, klik pada bagian Global Functions, lalu klik lagi bagian Movie Clip Control untuk menampilkan kumpulan Action di dalamnya. Kemudian, klik ganda action on sehingga pada Script pane akan tertulis kode on( ), dan Code Hints dari kode on juga akan tampil. Pilihlah release.
5. Pada Script pane, letakkan kursor mouse di antara kurung kurawal kode on (release).
6. Berikan Action stop
7. Selanjutnya, klik/pilih tombol play, lalu berikan Action on dengan Code Hints release. Berikan action play yang terdapat di bagian Timeline Control sehingga terbentuklah kode pada Script pane
Untuk melihat hasilnya, klik menu Control > Test Movie. Coba klik tombol stop agar animasi akan berhenti. Untuk memainkan animasi lagi, klik tombol play.
Keterangan Action:
1. stop berfungsi untuk menghentikan movie atau animasi.2. play berfungsi untuk memainkan movie atau animasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar